Proses pembuatan payung geulis kain dan kertas

Keunikan geulis tradisional Indonesia atau payung Tasikmalaya adalah bahwa bahan-bahannya dibuat dari bahan yang sangat sederhana, sebagian besar terbuat dari bahan alami yang mengelilingi kita, seperti kayu dan bambu, yang merupakan bahan utama selain kertas dan kain. .

Selain keunikan ini dalam produksi payung Geulis dari kertas atau kanvas, melibatkan beberapa kelompok orang dengan keahlian berbeda. Semua ini harus profesional yang terampil dalam pertukangan, mengasah atau memperbaiki bambu, melukis, menjahit atau bahkan melukis atau menyelesaikan. Untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, mereka harus memiliki keahlian dan keahlian di bidangnya.

Tampaknya mustahil untuk membuat payung Geulis dari awal hingga akhir gelar master, mungkin karena prosesnya sulit dan rumit, serta batas-batas keterampilan manusia itu sendiri, sehingga orang lain perlu dilibatkan. Ada nilai untuk kehidupan yang dapat kita ambil bersama kita dan itu adalah untuk membagikannya kepada orang lain untuk menikmati atau berbagi manfaat yang diperoleh di setiap tahap dan proses pembuatan Geulis Payung.

Beberapa bagian atau komponen payung yang harus dibuat oleh beberapa kerajinan lain, termasuk

1. Buat bingkai layar

Produksi payung Geulis melibatkan banyak orang dan kelompok orang, serta setidaknya dua orang. Orang yang mengerjakan bagian ini adalah orang yang harus menjadi ahli di bidang kayu, dari proses menemukan kayu. Potong dan lihat sampai Anda berbalik.

Terbuat dari bambu, jari-jari kecil digunakan untuk membuat payung berbentuk jari dan memotong, serta di cetak dan lobus. Jari-jari ini terdiri dari dua bagian, bagian atas atau Usuk dan bagian dalam atau Sanggah, keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Pembuatan bagian-bagian ini mungkin berbeda, tergantung pada ukuran payung yang diproduksi. Sebagai contoh, ada payung dengan diameter 30 cm, 40 cm, 50 cm, 70 cm, 80 cm, 100 cm, 120 cm dan bahkan lebih besar tergantung keinginan pembeli atau pembeli. Proses terakhir dalam membuat bingkai payung ini adalah meletakkan semua jari Anda di sisi kayu (bola), mengikatnya bersama dengan tali (pintu). Ada juga beberapa orang yang terlibat dalam proses instalasi ini, umumnya wanita yang bekerja di fasilitas ini.

2. Buat pegangan atau pegangan payung


Orang-orang atau pengrajin yang mengerjakan pembuatan gagang atau gagang adalah ahli di bidang kayu, mulai dari mencari bahan berkualitas baik dan tinggi hingga menjadi pemodelan dengan memotong dan membelah dengan gergaji dan kemudian memutar, sehingga gagang atau gagang selesai. dan berkumpul di payung Geulis.

Beberapa bagian dari pegangan yang akan dibuat adalah pegangan, pegangan dan kawat pengikat di tengah pegangan. Ujung payung (kuncung) sebagai ornamen juga dibuat dengan memutar dan meluruskan.

3. Buat payung Geulis siap digunakan dan siap dijual

Dua payung lipat polos surabaya 1 dan 2 adalah produksi komponen utama utama dari payung Geulis. Orang yang mengerjakan prosedur ini atau memasang kertas atau kain dan finishing adalah orang lain yang melibatkan beberapa orang yang berpengalaman.

Dalam semua proses produksi dari banyak peserta, produksi payung dapat dilakukan oleh satu orang, tetapi dalam jumlah besar ini tampaknya mustahil. Ketika kita mengikuti apa yang disebut pengrajin payung Geulis, ada banyak yang membuat payung siap digunakan dan siap digunakan, mulai dari bingkai payung hingga pegangan payung hingga selesai.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*